Dalam upaya memantapkan pemahaman dan meningkatkan kualitas pelaksanaan  Reformasi Birokrasi di lingkungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Biro Hukum dan Organisasi dengan mengikutsertakan dan mengundang Kementerian PANRB serta Sekretariat Wakil Presiden sebagai narasumber pada kegiatan. Pembahasan Kinerja RB General BPIP dan Penyusunan Rencana Aksi Kegiatan RB Tahun 2024 tanggal 18 s.d 22 Maret 2024 di Jakarta yang berlangsung pada hari Senin, 18 Maret 2024 sampai dengan 22 Maret 2024 bertempat di Hotel Mercure Jakarta Kota.

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Utama BPIP, Pimpinan Tinggi Pratama BPIP, pejabat administrator, pejabat administrasi, pejabat fungsional dan pelaksana BPIP serta narasumber dari Kementerian PANRB dan Sekretariat Wakil Presiden berjalan dengan baik dan lancar. Fokus utama rapat adalah pembahasan dan pengisian rencana aksi dari RB General dan RB Tematik, yang memiliki peran penting dalam memajukan BPIP dan memberikan dampak nyata kepada masyarakat. RB General bertujuan untuk memperbaiki sistem dan tata kelola internal instansi pemerintah, sementara RB Tematik menargetkan percepatan penyelesaian isu nasional, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, dan administrasi pemerintah.

Kegiatan diawali dengan pembahasan internal Biro Hukum dan Organisasi pada hari senin, 18 Maret 2024. Pembahasan dilakukan guna menyamakan persepsi atas bahan rapat yang akan digunakan, yaitu matrik rencana aksi yang akan diisi oleh masing-masing unit kerja. Selanjutnya, kegiatan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Utama BPIP Bapak Tonny Agung Arifianto, M.B.A pada hari Selasa, 19 Maret 2024 bertempat di Ballroom Mercure Jakarta Kota. Dalam pembukaan dan sambutan beliau menegaskan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengamanatkan agar pelaksanaan RB berdampak, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas serta birokrasi lincah dan cepat. Birokrasi yang dulunya berbasis aturan, saat ini harus mengarah pada masa depan, yaitu berbasis kinerja, berdampak, kolaboratif, dan melayani masyarakat. Beliau juga mengharapkan dengan terselenggaranya kegiatan RB ini mampu menambah pengetahuan para pengampuh RB di lingkungan BPIP dalam panyusunan dokumen RB dan cara mengimplementasikannya sehingga nantinya mampu meningkatkan Nilai RB BPIP dari tahun sebelumnya.

Narasumber dari KemenpanRB, Analis Kebijakan Muda Ibu Ummu Nur Hanifa dalam paparannya di hari Selasa, 19 Maret 2024 mengatakan bahwa penyelenggaraan reformasi birokrasi saat ini seperti lintasan kereta api double track. Pertama, RB General yang fokus penyelesaian isu hulu yang berkaitan dengan tata kelola internal. Sedangkan, penyelesaian isu hilir disebut dengan RB Tematik agar birokrasi mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan pembangunan nasional. Beliau menambahkan bahwa dua fokus ini lahir sebagai jawaban pada ekspektasi Presiden, masyarakat, dan dunia usaha atas pelaksanaan RB yang menciptakan dampak yang dapat dirasakan secara nyata, cepat, dan tepat menyentuh permasalahan faktual. Secara umum pelaksanaan RB General dibagi ke dalam dua tingkatan, yaitu Nasional dan Instansional. Pada tingkat Nasional, pelaksanaan RB terdiri atas level makro dan meso. Sementara tingkatan Instansional disebut juga dengan tingkat pelaksanaan mikro.

Narasumber dari KemenpanRB, Analis Kebijakan Pertama, Ibu Kavita dalam paparannya mengatakan bahwa nilai hasil evaluasi RB BPIP menurut trennya mengalami kenaikan namun masih pada kategori BB, hal ini masih di bawah ekpektasi dan target renstra BPIP dimana menargetkan kategori AA. Adapun penilaian Reformasi Birokrasi sendiri berdasarkan predikat tertentu dari yang tertinggi yakni AA dengan predikat sangat memuaskan hingga D dengan predikat sangat kurang. Penilaian pun memperhatikan beberapa faktor seperti bagaimana mudahnya dalam berurusan berinvestasi dari suatu daerah dan juga bagaimana keberhasilan peningkatan kualitas pelayanan publik hingga menekan angka kemiskinan serta meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *